Baru 76% calon haji yang divaksin lengkap Covid-19

Baru 76% jemaah yang bisa berangkat ke Tanah Suci.

Ilustrasi Pixabay.

Belum semua calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini sudah divaksinasi lengkap. Data Kementerian Kesehatan mencatat, baru 76% calon haji yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. 

"Per hari ini baru 76% yang sudah dosis lengkap. Artinya baru 76% jemaah yang bisa berangkat ke Tanah Suci," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana saat Pembukaan Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji Pondokgede, Jakarta. 

Budi mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Pemerintah Arab Saudi untuk memberangkatkan calon haji. Calon jemaah yang belum divaksinasi dosis lengkap terancam untuk tidak diberangkatkan

Sehingga, lanjut Budi, bagi semua pihak khususnya petugas kesehatan punya tugas yang sama yaitu untuk dapat meyakinkan agar jamaah haji segera mau melakukan vaksinasi lengkap, sesuai dengan amanah dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

"Menjadi tugas kita sama-sama untuk menyakinkan jemaah untuk sesegera mungkin melengkapi vaksinasi dosis lengkap sesuai yang dipersayaratkan," kata Budi.