BEM SI urungkan niat aksi di depan Istana Negara hari ini, tetapi...

Ini merupakan aksi kedua setelah sebelumnya diadakan pada 28 Maret 2022.

Mahasiswa dari berbagai kampus di Tangerang Selatan, Banten, melakukan aksi berjalan kaki untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja di Pasar Jumat, Jakarta, pada Kamis (8/10/2020). Foto Antara/Muhammad Iqbal

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengurungkan niatnya menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta, pada hari ini atau Senin, 11 April 2022.

Meskipun demikian, penyampaian aspirasi tetap akan digelar. Namun, kini menyasar kompleks Parlemen, Jakarta. Ini merupakan aksi yang kedua, yang sebelumnya digelar pada 28 Maret lalu.

"Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia akan menggelar aksi untuk yang kedua kalinya, yang saat ini bertempat di rumah rakyat atau Gedung DPR RI," ucap Koordinator Aliansi Pusat BEM SI, Kaharuddin HSN DM, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/4).

"[Aksi di DPR] dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait berbagai permasalahan yang ada," imbuh dia. Aksi kali ini mengusung tema besar #RakyatBangkitMelawan.

Kaharuddin menambahkan, aksi pada kali ini juga bakal menyampaikan tuntutan serupa dengan unjuk rasa sebelumnya. Di antaranya, terkait kenaikan harga minyak goreng; konflik Wadas di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah; pemindahan ibu kota ke Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim); serta penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.