Benny Harman sebut banyak kasus mangkrak di Imigrasi

Pembenahan Ditjen Imigrasi sangat penting karena berkaitan dengan lalu lintas manusia.

Ilustrasi. Pixabay

Banyak kasus di Direktorat Jenderal Imigrasi mangkrak. Pangkalnya, kata anggota Komisi III DPR, Benny Kabur Harman, persoalan itu muncul karena penempatan jabatan dan sistem di dalamnya.

Hal ini, diungkap Benny dalam rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dihadiri Menkumham Yasonna Laoly dan Wamenkumham  Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej.

Benny mengaku, mendapat bisikan dari seseorang terkait masalah struktural di Ditjen Imigrasi. Tanpa membeberkan namanya, politikus Partai Demokrat itu menyatakan, mendapat informasi penting.

"Soal imigrasi ini, saya mendapat keluhan. Hantu datang ke saya, hantu, Pak. Kenapa saya bilang hantu, ya saya gak sebut manusianya, nama siapa. Kayak buzzer lah. Kalau buzzer lewat medsos, ini dia fisik," kata Benny kepada Yasonna dan Eddy.

Benny mengungkapkan, pembenahan di Imigrasi sangat penting karena berkaitan dengan lalu lintas manusia. "Kasus-kasus yang muncul di waktu lalu, saya gak sebut lagi kasusnya apa, kita sama-sama tahu, ini akibat Imigrasi. Manusianya, juga sistemnya," ujarnya.