Jadi Ketua Apeksi, Bima Arya: Perlu memperkuat sinergi antara pempus dan daerah

Pemerintah daerah adalah garda terdepan dan memiliki tanggung jawab tinggi untuk memastikan proses pembangunan tetap berjalan.

Wali Kota Bogor Bima Arya, saat tiba di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Alinea.id/Achmad Al Fiqri.

Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2021 mengangkat tema "Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Dan Pasca Pandemi Covid-19".

Dalam keterangan resmi, Apeksi menyebut bahwa pandemik telah membawa dampak signifikan terhadap semua elemen termasuk pemerintah daerah dan terhadap seluruh sektor, khususnya kesehatan.

Dalam bidang tata kelola pemerintahan, Covid-19 telah membuat pemerintah daerah harus melakukan penyesuaian mekanisme kerja yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Sementara itu, dampak pada ekonomi, tidak saja berimbas pada ekonomi masyarakat tetapi juga pada keuangan daerah, di mana sebagian besar anggaran yang ada di daerah dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Menurut Apeksi, kondisi ini telah memengaruhi kinerja pemerintah daerah dalam upaya pencapaian target pembangunannya. Di lain pihak pemerintah daerah adalah garda terdepan dan memiliki tanggung jawab tinggi untuk memastikan proses pembangunan tetap berjalan dan masyarakat tetap terfasilitasi dengan baik.