Birokrat harus selalu berinovasi

Birokrat juga ditutut bekerja lebih cepat dan efisien serta harus mengikuti perkembangan teknologi. Memiliki gagasan inovatif.

Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan ketika memberikan kuliah umum bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3)/AntaraFoto

Indonesia dapat menjadi negara maju apabila para birokratnya bertanggung jawab dan bekerja 

Birokrat juga harus selalu melakukan inovasi. Sekaligus mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara di atas kepentingan yang lain. "Saya harap saudara-saudara dapat beradaptasi terhadap dunia yang dinamis, dengan perubahan yang sangat cepat," ungkap Presiden Joko Widodo saat menyampaikan paparan ketika memberikan kuliah umum bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS), Selasa (27/3) di Jakarta.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat.  Perubahan membawa tantangan baru dan menyebabkan rencana strategis (renstra) interaksi digital semakin berubah. Renstra ekonomi berubah dengan adanya "financial technology" (fintech) dan ekonomi digital.

Seiring dengan itu, pemerintah dituntut bekerja lebih cepat, responsif, tanggap dan efisien. Birokrat juga ditutut bekerja lebih cepat dan efisien serta harus mengikuti perkembangan teknologi. Memiliki gagasan inovatif, memperhatikan dinamika sosial ekonomi politik. Jangan lupa harus mendengar keinginan-keinginan masyarakat.

"Saya tahu kebanyakan saudara-saudara masih banyak yang jomblo. Dengan status CPNS sekarang, saya yakin saudara-saudara gampang mencari pacar," ujarnya.