BMKG: Hari ini cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah

BMKG menyatakan, cuaca ekstrem terjadi mulai hari ini hingga 30 Desember 2022 di beberapa wilayah Indonesia.

Ilustrasi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir yang berpotensi menimpa Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022). Freepik

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan adanya cuaca ekstrem yang akan terjadi sejak hari ini (28/12) hingga dua hari ke depan (30/12) di beberapa wilayah Indonesia. Cuaca ekstrem tersebut berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, dan tanah longsor. 

Kepala BMKG, Dwikorita menyatakan, prakiraan itu berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF). Hasilnya, menunjukkan daerah yang ditetapkan berstatus siaga, yaitu sebagian Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, dan NTT. 

"Wilayah tersebut diprakirakan dapat mengalami hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," ujar Dwikorita di Jakarta, Rabu (28/12). 

Dampak yang dapat terjadi, kata Dwikorita, diantaranya adalah volume aliran sungai berpotensi meningkat drastis sehingga dapat mengakibatkan potensi banjir dan banjir bandang. Selain itu, besar kemungkinan hujan lebat tersebut mengakibatkan potensi tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah, terutama di daerah-daerah dataran tinggi dan lereng-lereng perbukitan dan gunung. 

BMKG pun mengimbau kepada pemerintah daerah setempat dan masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai dan wilayah perbukitan untuk lebih waspada, serta meningkatkan kesiap-siagaan, terutama jika hujan lebat terjadi dalam intensitas yang cukup lama.