BNN: Angka prevalensi pengguna narkoba secara nasional mengalami kenaikan

BNN bersama dengan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) serta BPS, melakukan survei nasional penyalahgunaan narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose. Foto twitter.com/INFOBNN

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose mengatakan, BNN bersinergi dengan berbagai elemen bangsa, untuk mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba). Hal itu dilakukan melalui program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Petrus mengatakan, sesuai dengan Intruksi Presiden RI No.2 Tahun 2020 untuk mengkoordinasi kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah dalam melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN dengan mengikutsertakan masyarakat dan pelaku usaha. 

“Dengan menggelorakan “War On Drugs” BNN bersinergi bersama dengan seluruh elemen bangsa untuk membangun kekuatan terbesar dalam melawan dan memberantas Narkoba untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari peredaran Narkoba,” jelas Petrus dalam Press Release Kinerja Tahun 2021, Rabu (29/12).

Kemudian, Petrus menuturkan tiga strategi dalam pendekatan P4GN, yakni soft power approach, hard power approach, dan smart power approach.

Pada strategi power approach BNN melakukan tindakan preventif untuk membentuk ketahanan diri serta daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkoba.