BNPB: Lombok kini masuk tahap pemulihan pasca gempa

Status tanggap darurat penanganan bencana gempa Lombok dinyatakan berakhir pada Sabtu (25/8) dan memasuki tahap pemulihan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) didampingi Kepala Desa Jeringo Sahril (kedua kanan) saat kunjungan ke daerah terdampak gempa bumi di Desa Jeringo, Lombok Barat, NTB, Jumat (24/8). Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau kondisi korban gempa dan memastikan tahap rekonstruksi dan rehabilitasi pasca dilakukannya masa tanggap darurat berjalan dengan lancar. / Antara Foto

Status tanggap darurat penanganan bencana gempa Lombok dinyatakan berakhir pada Sabtu (25/8) dan memasuki tahap pemulihan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengumumkan peralihan status tanggap bencana tersebut.

"Selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahap transisi darurat ke pemulihan," kata Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sutopo mengatakan penghentian status tanggap darurat tersebut disepakati dalam rapat koordinasi di Posko Tanggap Darurat Penanganan Gempa Lombok di Tanjung, Kabupaten Lombok Utara pada Jumat (24/8).

Status transisi darurat ke pemulihan masih dibahas untuk penanganan dampak gempa Lombok, yang akan ditetapkan Gubernur Nusa Tenggara Barat melalui surat keputusan.