BPOM terbitkan izin penggunaan darurat vaksin lokal Indovac

EUA vaksin Indovac telah diterbitkan BPOM pada 24 September 2022.

Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangan pers yang dipantau daring, Jumat (30/9). YouTube BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) untuk vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, yakni vaksin Indovac. EUA vaksin Indovac telah diterbitkan BPOM pada 24 September 2022.

Kepala BPOM Penny Lukito menjelaskan, Vaksin Indovac memiliki kandungan zat aktif rekombinan Receptor-Binding Domain (RBD) protein S virus SARS-Cov-2. Vaksin Covid-19 dengan platform rekombinan protein subunit ini dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat.

"Vaksin ini menjadi vaksin Covid-19 pertama yang diproduksi secara lokal di dalam negeri mulai dari proses hulu hingga hilir," kata Penny dalam keterangan pers yang dipantau daring, Jumat (30/9).

Vaksin Indovac memperoleh izin untuk digunakan sebagai imunisasi aktif pencegahan Covid-19 pada individu berusia 18 tahun ke atas. Hal ini berdasarkan pertimbangan hasil evaluasi terhadap aspek keamanan, efikasi, mutu, dan pemenuhan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Penny mengatakan, vaksin Indovac akan digunakan dalam vaksinasi primer untuk penanggulangan pandemi dan perlindungan terhadap Covid-19.