BPS memberikan penghargaan kepada 10 Desa Cantik 2021

Program yang sama juga akan dilanjutkan tahun depan dengan target 200 desa.

BPS memberikan penghargaan kepada 10 Desa Cantik 2021. foto ilustrasi

Badan Pusat Statistika (BPS) memberikan penghargaan kepada 10 Desa Cinta Statistik (Cantik) terbaik tahun 2021. Penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meraih salah satu target pembangunan RPJMN 2019-2024 yaitu mewujudkan desa mandiri yang menunjang pembangunan nasional.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan, bahwa desa memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan pembangunan Indonesia yang lebih baik. Di mana, untuk membangun Indonesia perlu secara adil dan merata serta menempatkan desa sebagai target dari pembangunan.

Saat ini, menurutnya, desa merupakan subjek dan ujung tombak dari pembangunan di Indonesia. Sehingga dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan tepat sasaran, desa juga harus menjadi subjek dan ujung tombak dari pengelolaan dan pemanfaatan data.

Sementara itu, BPS menjadi bagian penting untuk hadir mendampingi desa serta aparatnya terkait dengan pentingnya statistik dalam pembangunan di desa.

"BPS sendiri mendampingi desa untuk meningkatkan peran statistik agar desa bisa melakukan perencanaan pembangunan sesuai potensi masing-masing sehingga terwujud desa yang sejahtera," ujar Kepala BPS Margo Yuwono dalam acara Award Desa Cantik, Senin (6/12).