Bus TransJakarta lagi-lagi celaka

Bus TransJakarta lagi-lagi terlibat kecelakaan. Apakah evaluasi nihil?

Ilustrasi kecelakaan bus TransJakarta. Alinea.id/Enrico PW

Pada Sabtu (16/7) malam, seorang perempuan meninggal dunia lantaran luka parah di kepala dan tangan kanan patah, usai tertabrak bus TransJakarta di Halte TransJakarta Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat. Kejadian nahas tersebut, menambah panjang daftar kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta.

Masih di bulan Juli 2022, tepatnya pada Senin (11/7), seorang pengendara sepeda motor tergilas bus TransJakarta di depan Sunter Mall, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lalu, selang sehari sebelumnya, Minggu (10/7), seorang pesepeda tewas karena tertabrak bus TransJakarta di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Itu baru di bulan Juli 2022. Pada pertengahan Maret 2022, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya mencatat, dari Januari hingga Maret 2022, terjadi 17 kecelakaan yang ikut melibatkan bus TransJakarta.

Dari 17 kecelakaan itu, tiga orang harus meregang nyawa. Namun, hanya enam peristiwa saja yang disebabkan kelalaian pengemudi bus TransJakarta. Sisanya, kelalaian pengendara lain.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2021, seperti dikutip dari Antara, Senin (27/12/2021) menurut Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Mochammad Yana Aditya saat rapat kerja bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, ada 502 kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta.