Covid-19 di Indonesia terkendali, Menkes: Daya tahan masyarakat kuat

Diungkapkan Budi, Indonesia mencatat kasus harian tertinggi saat varian Omicron merebak, yakni mencapai 60 ribu kasus per hari.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (YouTube/Kemendagri RI)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dua poin kunci pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Pertama, adalah dengan mengetahui jenis varian atau mutasi virus Covid-19 melalui uji whole genome sequencing (WGS).

Budi bercerita, sebelumnya Indonesia baru bisa melakukan pengujian ini setelah 10 bulan sejak Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Maret 2020. Saat itu, ada 140 sampel yang diuji selama sembilan bulan.

"Sekarang, setiap bulan bisa delapan ribu (sampel diuji). Dulu alat-alatnya hanya ada di Jawa, di beberapa kota besar. Sekarang sudah ada di 12 kota di seluruh Indonesia," kata Budi di depan ratusan kepala daerah dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa (17/1).

Dengan mengetahui varian apa yang tengah berkembang, ujar Budi, hal ini dapat membantu pengendalian lonjakan kasus Covid-19. Budi menyebut, kenaikan kasus Covid-19 Omicron bukan disebabkan oleh tingginya mobilitas masyarakat, atau perayaan lebaran maupun tahun baru.

"Ini disebabkan oleh varian baru. Musuhnya baru, terorisnya baru," ujarnya.