Dalih ojek online tetap demo saat Asian Games

Pengemudi ojek daring bersikukuh menggelar aksi demonstrasi pada pembukaan Asian Games, 18 Agustus 2018, jika tuntutan mereka tak dipenuhi.

Pengemudi ojek onlineĀ (ojol) bertekad tetap melancarkan demo saat pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang / Antara Foto

Pengemudi ojek online (ojol) bertekad akan tetap melancarkan demo saat pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang, apabila tuntutan mereka tentang perubahan tarif belum terpenuhi.

Direncanakan ada jutaan pengemudi ojol yang akan turun ke jalan untuk menggelar aksi di dua lokasi terpisah, masing-masing di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta dan Gelora Jaka Baring Sport City, Palembang.

Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai, demo tersebut tak ubahnya upaya pemuas hasrat pengemudi untuk menambah penghasilan dari tuntutan kenaikan tarif. Itu merupakan hal yang wajar.

Hanya saja, ia mengingatkan, ada kepentingan negara yang lebih besar pada pemilihan waktu unjuk rasa, yang bertepatan dengan pembukaan pesta olah raga se-Asia di Jakarta dan Palembang.

"Menyampaikan aspirasi apa pun kepada pemerintah hal biasa. Namun, tentunya tidak menggunakan kesempatan itu untuk mempermalukan bangsa sendiri di mata internasional," ujar Djoko kepada Alinea, Kamis (26/7).