Kemenkeu: Defisit anggaran hingga Februari sentuh Rp63,6 triliun

Meskipun demikian, defisit pada Februari ini diklaim lebih baik dibandingkan tahun lalu, jika diukur dengan perbandingan PDB.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, defisit anggaran hingga Februari telah mencapai Rp63,6 triliun, atau tumbuh 2,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp61,8 triliun.

Meskipun demikian, defisit pada Februari ini diklaim lebih baik dibandingkan tahun lalu, jika diukur dengan perbandingan Produk Domestik Bruto (PDB).

"Sampai Februari, kami mengalami defisit Rp63,6 triliun. Kalau dibandingkan tahun lalu yang defisit Rp61,8 triliun, berarti terjadi kenaikan 2,8%. Tetapi kalau defisit itu dibandingkan dengan PDB, hanya 0,36%. Itu lebih rendah dari tahun lalu yang 0,4%," katanya dalam konpers APBN Kita, Selasa (23/3).

Defisit pada Februari disebabkan oleh tingginya belanja dibandingkan dengan pendapatan negara. Dari sisi pendapatan negara hingga Februari, realisasinya adalah sebesar Rp219,2 triliun atau 12,6% dari target APBN yang sebesar Rp1.743,6 triliun.

Seperti diketahui, pendapatan negara tersebut tumbuh 0,7%, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp217,6 triliun.