Demo pro-lingkungan tuntut kabinet baru Jokowi atasi krisis iklim

Pengunjuk rasa menuntut kabinet baru Presiden RI Joko Widodo untuk secara serius menangani persoalan krisis iklim di Indonesia.

Pengunjuk rasa menuntut kabinet baru Presiden RI Joko Widodo untuk secara serius menangani persoalan krisis iklim di Indonesia. Alinea.id/Valeria Dante

Pada Sabtu (26/10) beberapa kelompok pro-lingkungan seperti Greenpeace Indonesia, 350.org, Front Mahasiswa Nasional (FMN), We Make Change dan Pemuda Baru Indonesia (Pembaru) bersama-sama menggelar unjuk rasa di Taman Aspirasi, Jakarta Pusat.

Mereka menuntut kabinet baru Presiden RI Joko Widodo untuk secara serius menangani persoalan krisis iklim di Indonesia.

"Kami mau menyampaikan bahwa Pak Jokowi dan Kabinet Indonesia Maju perlu melawan krisis iklim," tutur Country Director Greenpeace Indonesia Leonard Simanjutak.

Menurut dia, pemerintah perlu meninggalkan energi kotor dan beralih menggunakan energi terbarukan. Hal itu, lanjutnya, harus tercermin dalam kebijakan energi selama lima tahun ke depan.

Selain itu, kabinet baru Jokowi juga dituntut untuk menghentikan kerusakan hutan seperti pembakaran, pembalakan dan perusakan lahan gambut.