Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dipadati penumpang

Dermaga eksekutif memang memberikan fasilitas pelayanan berbeda dengan fasilitas pelayanan penumpang di dermaga reguler lain.

Para pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera antre memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/5)./Antara Foto

Ribuan penumpang yang melakukan mudik Lebaran 2019 memadati ruang area pelayanan penjualan tiket di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat (31/5).

Warga yang akan mudik lebaran ke kampung halaman di berbagai daerah di Sumatera rela mengantre demi mendapatkan tiket penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sri, ibu dengan anak balita mengaku lebih memilih menyeberang menggunakan jasa penyeberangan dermaga eksekutif karena lebih nyaman, tidak hanya pada fasilitas pelayanan di dermaga saja, tetapi juga fasilitasi di dalam kapal.

"Saya pernah coba naik kapal dari dermaga enam (eksekutif), dan memang lebih nyaman dibandingkan naik dari dermaga reguler. Kalau di reguler kami kan menunggu di 'gang way' berdiri panas berdesakan. Apalagi sekarang saya bawa anak kecil, ya biar lebih nyaman aja, adem kalau menunggu di sini," katanya.

Muhlisoh, pemudik lainnya yang akan menuju Kalianda, Lampung, juga menyatakan memilih pelayanan melalui dermaga eksekutif. Ini merupakan pertama kalinya dia lewat dermaga eksekutif, lantaran ingin merasakan pelayanan penyeberangan yang dinilainya cukup mewah.