Diduga tidak netral, camat di Pandeglang dipanggil Bawaslu

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, menghimbau pada ASN untuk netral dalam Pemilu 2019

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan (tengah) bersama anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin (kanan), dan Fritz Edward Siregar (kiri) memimpin sidang lanjutan dugaan pelangggaran administrasi terkait pencalonan Oesman Sapta Odang alias Oso sebagai anggota DPD, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (2/1)./AntaraFoto

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang memanggil Camat Cikedal Surya Darmawan. Surya diduga mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat desa, membuat komitmen dukungan kepada anak sulung Bupati Pandeglang yakni, Riska Aulia Rahman Dimyati yang maju sebagai Caleg DPR RI dari NasDem.

Ajakan Surya tersebut terekam di video dan telah beredar di masyarakat. Dilakukan dalam acara Pembinaan Perangkat Desa dan Kelembagaan se Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang di gedung PKPRI Amanah, Kecamatan Cikedal.

"Kami sedang memproses dugaan itu sesuai aturan. Kami telah memanggil Camat Cikedal untuk mengklarifikasi vidio tersebut," kata Komisioner Bawaslu Pandeglang Karsono saat dikonfirmasi, Senin (11/2).

Jika terbukti melanggar aturan, Bawaslu akan memberikan sanksi sesuai aturan yang ada.

Diketahui, tiga anak pasangan Bupati Pandeglang Irna Narulita dan mantan Bupati Pandeglang Dimyati Natakusumah maju sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.