Diklaim sesuai prosedur, lelang pembangunan JIS diminta tak dipersoalkan

Anies khawatir keributan soal proses lelang bakal menunda pembangunan proyek JIS.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menghadiri acara Lebaran Betawi di kawasan Monas, Jakarta. Alinea.id/Soraya Novika

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan panitia lelang pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sudah sesuai prosedur. Hal ini merespons adanya dugaan kejanggalan penetapan pemenang proyek pembangunan stadion yang juga dikenal dengan nama Stadion BMW. 

"Pasti panitia juga sudah mengikuti prosedur," ujar Anies di kawasan Monas, Jakarta, Senin (9/9).

Pemenang lelang pembangunan JIS yang ditetapkan PT Jakarta Propertindo adalah Kerjasama Operasional (KSO) PT Wijaya Karya Pembangunan Gedung Tbk. (WEGE), PT Jaya Konstruksi, dan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP).

Dugaan kejanggalan mencuat karena harga yang ditawarkan KSO Wika lebih mahal ketimbang KSO PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), PT Hutama Karya, PT Nindya Karya, dan PT Indah Karya.

Anies meyakini panitia lelang memiliki pertimbangan khusus untuk memenangkan KSO Wika. Ia justru meminta hal tersebut tak dipersoalkan, terlebih kedua konsorsium tersebut merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan demikian, anggaran pembiayaan pembangunan stadion tersebut akan kembali ke negara.