Dikritik ICW, Firli Bahuri: Itu tugas dan peran mereka

"Saya menghormati kritik dari kawan-kawan ICW. Selama ini mereka memang menjalankan tugas dan peran mengkritik."

Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan di depan Porkopinda di Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (22/01/20). Foto Antara/Akbar Tado.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri tak ambil pusing dengan kritik yang disampaikan Indonesia Corruption Watch atau ICW, ihwal kinerjanya selama 100 hari pertama memimpin lembaga antirasuah. Bagi Firli, kritik yang disampaikan ICW merupakan pelaksanaan kerja lembaga swadaya masyarakat tersebut. 

"Saya menghormati kritik dari kawan-kawan ICW. Selama ini mereka memang menjalankan tugas dan peran mengkritik," kata Firli kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/3).

Karena itu, dia tak mempersoalkan kritikan apapun yang disampaikan oleh ICW. Firli menyebut, kritik yang disampaikan merupakan tanda cinta ICW terhadap KPK.

"Justru kami akan heran jika ICW memuji. Kalau ada yang mengkritisi itu menandakan bahwa itu kecintaan dan kepedulian kepada KPK, termasuk yang disampaikan oleh ICW" ujar Firli.

Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri juga menyatakan hal serupa. Namun dia memastikan pimpinan KPK akan terus memaksimalkan pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia bersama aparat penegak hukum lainnya.