Din: KAMI merupakan gerakan politik moral

Deklarasi tersebut dikaitkan dengan 75 tahun RI sekaligus penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

Deklator KAMI Din Syamsuddin saat memberikan keterangan mengenai rencana deklarasi KAMI, Sabtu (15/8). Foto Zoom

Lebih dari 100 tokoh nasional berencana mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) pada Selasa 18 Agustus pukul 10.00 di Tugu Proklamasi. 

Salah satu deklalator KAMI, Din Syamsuddin mengatakan, deklarasi tersebut dikaitkan dengan 75 tahun RI sekaligus penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

"Kami mendapatkan dukungan dari para tokoh/figur dari berbagai elemen bangsa dan profesi. Ini koalisi yang terhimpun dari berbagai tokoh termasuk jenderal purnawirawan. Termasuk mantan panglima TNI. Ini koalisi yang sangat majemuk," jelas dia saat memberikan pernyataan, Sabtu (15/8).

Dia menegaskan, KAMI tidak akan melaksanakan aktivitas politik praktis, tetapi politik moral. Itu artinya, kata Din, KAMI akan melakukan gerakan moral dan melibatkan berbagai elemen.

KAMI, kata dia, berharap pemangku amanat pemerintahan seperti, eksekutif, DPR, MPR dan penegak hukum bisa mendengar. "Kalaupun tidak, jangan malah menghadapi kami dengan kekuasaan dan keangkuhan. Kami akan menyerahkan ke rakyat. Kami sudah menyuarakan aspirasi rakyat. Kami siap berdebat. Ini riil sesuai dengan aspirasi," ucap dia.