Ditolak masuk, Imigrasi pulangkan 32 warga India

Pemulangan itu menggunakan maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK359 pada pukul 00:40 WIB.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta memulangkan 32 warga negara India, Minggu, (25/4). Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM), Sam Fernando, mengatakan, itu sebagai respons atas lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di India belakangan ini.

Menurutnya, pemulangan itu menggunakan maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK359 pada pukul 00:40 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menuju Dubai.

"Selama menunggu proses pemulangan, 32 warga negara India berada di tempat khusus, Terminal 3 kedatangan internasional Soekarno-Hatta dengan pengawasan oleh pihak terkait melibatkan maskapai, aviation security, serta Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ujarnya secara tertulis, Minggu (25/4).

Sebelumnya pada 23 April 2021, Imigrasi Soekarno-Hatta menolak masuk 32 warga negara India yang mendarat dengan maskapai Emirates Airlines pukul 15:30 WIB. Penolakan, kata Fernando, dengan pertimbangan situasi Covid-19 di India.

Fernando menyebut penolakan itu merupakan langkah antisipatif yang dilakukan oleh Imigrasi Soekarno-Hatta guna mencegah Imported Case Covid-19. Dia menegaskan, langkah Imigrasi Soekarno-Hatta sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Imigrasi pada 23 April 2021.