DKI Jakarta kirim relawan ke Riau bantu tangani karhutla

Tak menutup kemungkinan Anies kembali mengirimkan relawan ke Kalimantan.

Kebakaran lahan gambut di Sumatera Selatan. /Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengirimkan relawan sebanyak 65 orang ke Provinsi Riau. Mereka dikirim untuk membantu menangani persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Sebanyak 65 satgas tersebut terdiri atas unsur pemadam kebakaran, dinas kesehatan, penanggulangan bencana, relawan, dan dinas sosial atau tagana (taruna siaga bencana),” kata Anies di Jakarta pada Selasa (17/9).

Anies merinci para relawan yang telah dikirimkan sebanyak 25 orang, berasal dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, 10 orang dari Dinas Kesehatan yang akan membuat dua posko, 5 orang dari BPBD, 10 orang dari Dinas Sosial, 10 orang dari tim relawan Jakarta, dan 5 orang tim pendukung.

"Mereka ditugaskan berangkat ke lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Mereka selama di penempatan akan di bawah kendali BNPB," ujar Anies.

Anies mengaku, pengiriman sejumlah satgas ini sebagai bentuk kepedulian Jakarta terhadap kebakaran yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. "Mudah-mudahan asap bisa segera hilang, api segera padam, dan saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan bisa menghirup kembali udara segar," ucapnya.