sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Karhutla lereng Gunung Agung belum padam hingga hari ini

Estimasi luas kebakaran di wilayah RPH Daya sekitar 80 ha dengan nilai kerugian material dan lingkungan masih dalam perhitungan.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 29 Sep 2023 09:29 WIB
Karhutla lereng Gunung Agung belum padam hingga hari ini

Terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Agung, tepatnya di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Api kali pertama teridentifikasi pada Kamis (8/9), pukul 08.00 Wita, dan belum padam hingga Jumat (29/9) pagi.

Kawasan yang terbakar merupakan hutan lindung dan berada di tapal batas lahan penduduk Dusun Juntal, Desa/Kecamatan Kubu. Belum diketahui penyebab karhutla.

Tim gabungan masih berupaya memadamkan api. Namun, proses pemadaman terhambat akses jalan mengingat lokasinya berada jauh di atas lereng gunung. 

Kebakaran hutan juga terjadi di wilayah Resor Pengelolaan Hutan (RPH) Daya, persisnya di Dusun Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu. Ada dua titik api yang dilaporkan.

Sponsored

Pemadaman karhutla di wilayah ini dilakukan tim gabungan. Melansir laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), api menyebar ke wilayah bawah, utara dan barat laut. Kendati begitu, upaya pemadaman difokuskan di wilayah utara, sedangkan di sisi barat laut terhambat jarak jauh dan medan terjal. 

Berdasarkan hasil identifikasi petugas, kawasan terbakar mencakup tanaman, seperti sonokeling, akasia, rumput kering, dan semak belukar. Estimasi luas kebakaran di wilayah RPH Daya sekitar 80 ha dengan nilai kerugian material dan lingkungan masih dalam perhitungan. 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid