Dominasi politisi beken, ini 32 nama calon anggota BPK

Komisi XI DPR RI menyelekesi 32 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), mayoritas masih didominasi oleh politisi.

Komisi XI DPR RI menyelekesi 32 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), mayoritas masih didominasi oleh politisi. / Indoplaces

Komisi XI DPR RI menyelekesi 32 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Salah satu yang lolos tahap awal adalah bekas Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio.

Wakil Ketua Komisi XI Achmad Hafisz Tohir mengatakan, dari 64 pelamar, saat ini sudah terseleksi 32 nama yang masuk dalam proses adminstrasi untuk menjadi anggota BPK periode 2019-2024. 

"Pak Tito Sulistio masuk seleksi," ujar Hafisz saat ditemui usai menghadiri rapat tertutup dengan BIN di Komisi XI DPR, Senayan, Jakarta, Senin (8/7). 

Nama-nama tersebut, lanjut Hafisz akan diserahkan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mendapatkan rekomendasi dan pertimbangan. 

Dari 64 orang yang mendaftar, dua diantaranya telah mengundurkan diri, yakni politisi PKB sekaligus Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Joko Juliantono.