DPRD DKI bakal usut penyebab banjir di Ibu Kota

Korban tewas akibat banjir yang melanda Jakarta sebanyak 14 jiwa.

Banjir merendam kawasan Kampung Pulo dan Bukit Duri di Jakarta. Antara Foto

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Golkar, Basri Baco, mengatakan pihaknya bakal mengusut dan mencari tahu penyebab banjir yang terjadi di Ibu Kota. Sebab karena banjir tersebut, menimbulkan banyak korban jiwa lantaran hampir seluruh wilayah di DKI terendam banjir.

Berdasarkan data yang diterima Basri hingga hari ini, Selasa (7/1), korban tewas akibat banjir yang melanda Jakarta sebanyak 14 jiwa. Menurut Basri, pihaknya perlu mengusut bencana banjir di Jakarta agar tidak terulang lagi di tahun-tahun berikutnya. 

“Jadi, fokus utama DPRD ke depan, kita semua akan mengusut, mencari tahu penyebab dan solusinya. Juga siapa pihak yang bertanggung jawab atas banjir yang terjadi di Jakarta,” kata Basri di Jakarta pada Selasa (7/1).

Basri menilai, langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menanggulangi banjir belum maksimal. Masih banyak lokasi yang belum mendapatkan perhatian penuh dari Pemprov DKI. “Ini karena yang terkena dampak luas sekali. Hampir di seluruh wilayah di DKI,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DI Jakarta, Juaini Yusuf, mengatakan untuk menanggulangi persoalan banjir, pihaknya akan mengevaluasi letak 10 titik pompa stasioner yang terendam saat banjir di Jakarta.