DPRD minta Anies optimalkan pemeriksaan SIKM di perbatasan

Pemrov DKI harus mengerahkan seluruh anggota Satpol PP untuk membantu menjaga perbatasan ke luar masuk wilayah DKI Jakarta.

Petugas memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas menuju Jakarta di perbatasan wilayah, Depok, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso/aww.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengoptimalkan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) di lapangan. Dia khawatir akan terjadi lonjakan besar arus balik mudik Lebaran yang memasuki wilayah DKI Jakarta.

"Pemprov harus siap. Biasanya setelah Lebaran akan terjadi lonjakan pendatang yang besar," kata Zita saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (29/5).

Untuk itu, Pemrov DKI harus mengerahkan seluruh anggota Satpol PP untuk membantu menjaga perbatasan ke luar masuk wilayah DKI Jakarta. Hal itu penting guna membantu meringankan tugas aparat kepolisian dan TNI.

"Pengawasan di lapangan juga perlu mengoptimalkan peran Satpol PP, agar TNI dan Polisi bisa bekerja lebih ringan," ujar dia.

Dengan maksimalnya jumlah penjaga di perbatasan ke luar masuk ibu kota, maka penertiban dan penegakan sanksi pada pelanggar dapat dilakukan secara efektif.