Dua prajurit TNI tertembak KKSB Papua, satu gugur

Korban akan dievakuasi menggunkana helikopter ke Wamena.

Seorang prajurit menggendong anak bayinya yang berusia 9 hari usai Upacara Pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Batalyon Infanteri 725 Woroagi di Pelabuhan Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (8/11)./ Antara Foto

Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih menyatakan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) telah melakukan serangan ke Pos TNI yang berada di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua. Akibat penyerangan itu, satu anggota TNI gugur tertembak KKSB.

Wakapendam Cendrawasih, Letkol Infanteri Dax Sianturi, mengatakan, serangan tersebut dilakukan oleh KKSB yang melakukan pembunuhan terhadap 31 pekerja BUMN Istaka Karya, yang melakukan pembangunan jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

"Iya bahwa Pos Yonif 755/Yalet di Distrik Mbua tersebut juga diserang oleh KKSB kemarin malam sekitar pukul 18.30 WIT," katanya kepada reporter Alinea.id.

Menurutnya, dalam peristiwa tersebut seorang prajurit TNI gugur dan satu prajurit lainnya mengalami luka akibat tertembak KKSB.

Kendati demikian, Dax Sianturi belum bisa memberikan informasi lengkap terkait identitas prajurit TNI yang gugur. Hal ini disebabkan terkendalanya informasi dan koordinasi yang disebabkan sinyal buruk di lapangan.