Erick Thohir minta pemoda transportasi tindak tegas pelaku pelecehan

Mantan Presiden Inter Milan mengutuk keras terjadinya pelecehan yang sempat terjadi di sebuah kereta api antarkota.

Menteri BUMN Erick Thohir (masker hitam) saat berbincang dengan penumpang di stasiun kereta api, Sabtu (25/6/2022). Foto istimewa

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, perlindungan terhadap hak dan martabat manusia adalah prinsip yang mesti dijalankan oleh segenap elemen di BUMN. Terlebih dalam pelayanan publik yang mesti memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Erick mengatakan, perlindungan itu seperti yang ditunjukkan oleh seorang kondektur yang melindungi seorang penumpang perempuan dari tindakan pelecehan seksual. Ia memberikan apresiasi terhadap sang kondektur dalam bentuk penghargaan.

"Kita jadikan kereta api sebagai moda transportasi pelayanan publik yang aman dan tentunya ini tidak bisa berdiri sendiri, perlu dukungan semua kalangan dengan saling menhargai dan menghormati sesama penumpang," kata Erick dalam keterangan, Sabtu (25/6).

Seluruh masyarakat diminta jangan ragu untuk melaporkan segala tindakan dan indikasi pelecehan seksual. Laporan itu diharapkan dapat disertai bukti kepada petugas.

"Saya ingin mengapresiasi bapak kondektur yang telah bertindak menanggapi laporan korban pelecehan seksual. Saya juga mengapresiasi tanggapan PT KAI atas kejadian tersebut," ujar Erick.