Fahri: 'Jarak' kita dengan Papua harus dipotong secara komprehensif

Orang Papua harus diyakinkan hatinya bahwa antara Orang Asli Papua dengan orang Indonesia lainnya adalah sama dan bersaudara.

Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Gelora Indonesia Fahri Hamzah/Foto Antara

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengungkapkan, ada 'jarak' antara Jakarta dengan Papua. 'Jarak' itu  bukan semata secara fisik, walau memang jarak antara Jakarta dengan Papua, jauhnya sama  dengan jarak dari Jakarta ke Arab Saudi. 

"Maka ketika Presiden Jokowi memutuskan untuk memotong jarak itu dengan membangun infrastruktur, mrngingatkan dirinya tentang adanya jarak-jarak lainnya yang juga harus dipotong yaitu jarak secara kejiwaan," kata Fahri Hamzah.

Hal itu dikatakan Fahri dalam Webinar Moya Institute yang bertajuk “Teror Menyergap Papua", yang digelar secara hibrid di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

"Saya mengusulkan agar kita 'memotong jarak' antara kita dengan Papua secara komprehensif, fisik dan non-fisik" ujar Fahri.

Orang Papua itu, ujar Fahri, harus diyakinkan hatinya bahwa antara Orang Asli Papua dengan orang Indonesia lainnya adalah sama dan bersaudara secara fundamental.