Hendak kabur dari TNI-Polri, KKB Kogoya berpencar

KKB Egianus kini berpencar dengan tetap melakukan penyanderaan terhadap Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo. Dok Polda Papua.

Tim gabungan TNI-Polri sudah membaca gerak-gerik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya untuk mengelabui aparat. KKB Egianus kini berpencar dengan tetap melakukan penyanderaan terhadap Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady mengatakan, langkah seperti itu merupakan pola yang biasa dilakukan oleh KKB. Mereka juga akan berusaha membaur dengan masyarakat supaya makin tidak terdeteksi.

"Iya benar. Polanya KKB memang demikian, bersifat clandestine, berpencar, dan berbaur dengan masyarakat setempat," kata Benny kepada Alinea.id, Jumat (10/3).

Sementara, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, tim Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz yang memburu pelaku penyanderaan mesti memperluas pencarian.

"Proses pencarian dikembangkan ke wilayah lainnya karena diketahui KST mulai berpencar untuk mengelabui aparat gabungan TNI-Polri yang sedang melakukan pencarian," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3).