Husain Abdullah: JK tak terlibat kepulangan HRS

Kalau itu ditujukan kepada Pak JK, tulisan tersebut merupakan tuduhan membabi buta tanpa fakta dan data yang jelas.

Jusuf Kalla tahun ini tidak mengadakan open house di rumahnya karena alasan kesehatan./Instagram Jusuf Kalla

Juru Bicara Muhammad Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah, menegaskan tidak ada hubungannya dengan kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizeq Shihab. Bahkan, dia mengatakan, JK tidak pernah mengkomunikasikan hal itu.

"Pak JK tidak pernah mengkomunikasikan atau pun mendanai kepulangan HRS (Habib Rizieq Shihab)," ujar Husain dalam keterangannya, Minggu (22/11).

Menurutnya, tuduhan itu bermula dari ucapan politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, di Twitter. Cuitan tersebut, imbuhnya, dijadikan dasar oleh pengamat sosial politik, Rudi S Kamri, dalam tulisan berjudul "Sang Bandar Chaplin pun Akhirnya Keluar Sarangnya karena Kepanasan".

"Kalau itu ditujukan kepada Pak JK, maka tulisan tersebut merupakan sebuah tuduhan membabi buta tanpa fakta dan data yang jelas. Tepatnya cocoklogi," ujarnya.

Husain berpendapat, tulisan Rudi bukan saja menciptakan kegaduhan dan penyesatan, tetapi merusak hubungan sosial, budaya saling menghargai sebagaimana budaya Bugis-Makassar; Sipakatau, yang mengakar di Indonesia.