HUT TNI, Jokowi: Pegang teguh amanat Sapta Marga

Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-75.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)/Foto Setkab.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi serta para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin upacara peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10) pagi.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” tutur Jokowi.

Presiden mendorong TNI  untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiapsiagaan untuk menerima tugas-tugas selanjutnya.

"Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju,” ucapnya.

TNI, sambung Jokowi, merupakan penjaga utama kedaulatan negara, penjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI.