Ibadah haji, obat dan alkes mulai dipusatkan di Arafah dan Mina

Setidaknya disiapkan sekitar 60 koli obat-obatan untuk layanan kesehatan di Poskes Arafah dan Mina.

Obat dan alat kesehatan (alkes) mulai dipusatkan di Arafah dan Mina, Arab Saudi, jelang puncak ibadah haji di Armuzna. Dokumentasi Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai memusatkan persediaan obat dan alat kesehatan (alkes) ke pos di Arafah dan Mina jelang puncak ibadah haji. Bahkan, stok obat yang disiapkan mencapai 60 koli guna mendukung pelayaan kesehatan jemaah selama prosesi ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Minah (Armuzna).

"Kami siapkan sekitar 60 koli obat-obatan untuk layanan kesehatan di pos kesehatan (poskes) yang ada di Arafah dan Mina," ujar Koordinator Obat dan Perbekalan Kesehatan (Perbekkes) PPIH Bidang Kesehatan 1444H/2023, Breni Setyoko.

PPIH telah menyiapkan 135 jenis obat sesuai kebutuhan di Poskes Arafah. Durasi pelayanan Poskes Arafah terbatas selama masa wukuf, paket obat dan alkes yang disiapkan tetap paket lengkap, paling banyak berupa cairan.

Pun disiapkan 194 jenis obat di Poskes Mina. Paket obat-obatan lebih lengkap agar bisa menunjang pelayanan kesehatan selama 3 hari selama prosesi lontar jamrah.

"Walaupun durasi operasionalnya terbatas, untuk poskes Arafah tetap kami siapkan paket obat lengkap 171 jenis obat," katanya, menukil situs web Kemenkes.