Ibu kota pindah, kualitas pendidikan bakal merata

Kualitas pendidikan makin baik dengan perpindahan ibu kota. Khususnya di daerah pedalaman.

Kualitas pendidikan diyakini Mendikbud Muhadjir Effendy makin baik dengan perpindahan ibu kota. Khususnya di daerah pedalaman. /Antara Foto

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur turut berdampak pada Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai perpindahan ibu kota akan berdampak positif bagi kualitas pendidikan bangsa. 

Mendikbud mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur adalah skema besar yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi ingin menegaskan visinya berkenaan dengan Indonesia sentris.

Maka, pemerataan infrastruktur akan terwujud dan turut berdampak pada sektor pendidikan. Mendikbud yakin, kualitas pendidikan akan semakin baik. 

"Gambaran kebijakan perpindahan ibu kota belum ada, tapi kami sudah mulai mengimplementasikan visi presiden tentang Indonesia sentris. Termasuk kebijakan zonasi sekolah dalam rangka membuat pemerataan agar lebih berkualitas di sekor pendidikan," kata Muhadjir Effendy pada Rabu (28/8).

Disinggung tentang kondisi pendidikan di Kalimantan, Mendikbud tidak mengelak kondisi pendidikan masih terjadi disparitas yakni ketimpangan antara wilayah perkotaan dengan wilayah pedalaman.