Impor bawang putih dari China, Khofifah: Tak dilarang

Gubernur Khofifah memastikan tak ada larangan untuk mengimpor bawang putih dari China.

Pedagang berada samping karung berisi bawang putih di salahsatu kios Pasar Pagi, Tegal, Jawa Tengah, Senin (10/2/2020). Foto Antara/Oky Lukmansyah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan impor bawang putih dari China tetap berjalan. Mengingat saat ini harga bawang putih telah mencapai Rp58.000 dari sebelumnya Rp25.000.

Menurut Khofifah, dirinya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait sebelum memutuskan melanjutkan impor bawang putih dari China. Koordinasi dilakukan dengan tiga kementerian, yakni Kemenko Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian. 

Koordinasi dilakukan mengingat pembatasan impor dari China, yang dilakukan pemerintah. Pembatasan dilakukan menyusul terjadinya wabah coronavirus di Negeri Tirai Bambu.

Khofifah menegaskan, hasil pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan larangan hanya berlaku untuk impor hewan dari China. Dengan begitu, impor bawang putih tetap dapat dilakukan.

"Pak Menko Perekonomian sudah menyampaikan bahwa yang dilarang di impor dari Tiongkok adalah hewan yang hidup, di luar itu tidak dilarang," kata Khofifah di Surabaya, Senin (10/2).