Indef sebut pelaku pasar telah menunggu vaksinasi

Kalau kasus Covid-19 terkendali, dampaknya tentu pada perekonomian.

Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad usai diskusi di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

Vaksinasi Covid-19 terhadap Presiden Joko Widodo dan para pejabat negara mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Optimisme dari pelaku pasar diyakini akan terlihat semakin kuat ketika vaksinasi sudah menyentuh masyarakat luas.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, masyarakat ingin vaksin sampai ke lingkungan terdekat dengan mereka. "Sehingga mereka punya optimisme, semangat pada gilirannya mereka juga divaksin," katanya kepada wartawan, Rabu (13/1).

Semakin besar jangkauan vaksinasi, maka semakin cepat mencegah penyebaran pandemi Covid-19. "Saya kira itu akan membuat optimisme bangkit. Saya kira, mau enggak mau menjadi suatu keharusan," kata Tauhid.

Saat ini dibutuhkan penyadaran yang lebih tinggi di level masyarakat terkait vaksinasi. Karena hanya beberapa kelompok masyarakat yang sadar terhadap situasi pandemi.

"Pemerintah mau enggak mau harus turun ke bawah lagi. Sepertinya masyarakat sudah bosan, masyarakat sudah terbiasa, dan Covid-19 seperti bukan sesuatu yang bahaya," katanya.