Indeks Pembangunan Manusia Indonesia masuk kategori tinggi

Akhirnya, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia (IPM) naik peringkat menjadi kategori tinggi atau high human develompment.

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia (IPM) naik peringkat ke level 70,81 menjadi katogori tinggi atau high human develompment. / Istimewa

Akhirnya, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia (IPM) naik peringkat menjadi katogori tinggi atau high human develompment.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan IPM Indonesia menembus angka 70,81 pada 2017. Level itu naik 0,63 poin atau tumbuh sebesar 0,90% dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Kepala BPS Surhariyanto, menjelaskan IPM disusun dengan menggunakan tiga dimensi. Di antaranya, dimensi kesehatan yang diukur dengan indikator umur harapan hidup, dimensi pengetahuan atau pendidikan yang diukur dengan harapan lama sekolah dan rerata lama sekolah, serta dimensi hidup layak yang didekati dengan pengeluaran perkapita yang disesuaikan. 

"Laju pertumbuhan IPM memang tidak dapat digenjot dengan mudah karena melibatkan kondisi sosial masyarakat yang sangat struktural," ujarnya, Senin (16/4). 

Menurut dia, dengan melihat umur harapan hidup tahun 2017, dapat diperkirakan bayi yang lahir pada tahun 2017 memiliki harapan untuk dapat hidup hingga 71,06 tahun atau lebih lama 0,16 tahun, jika dibandingkan dengan harapan hidup bayi yang lahir pada tahun sebelumnya.