Indo Barometer: Janji politik Jokowi sudahkah terealisasi?

Masyarakat memberikan penilaian terhadap janji-janji Presiden Joko Widodo setelah 3,5 tahun menjabat sejak memenangkan Pilpres 2014.

Janji-janji politik Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla tertuang dalam sembilan program prioritas atau Nawacita / Antara Foto

Masyarakat memberikan penilaian terhadap janji-janji Presiden Joko Widodo setelah 3,5 tahun menjabat sejak memenangkan Pilpres 2014.

Lembaga Survei Indo Barometer merilis tingkat kepuasan publik atas janji politik Jokowi dalam program Nawacita. Sembilan agenda yang disebut Nawacita itu merupakan prioritas untuk mewujudkan visi dan misi Jokowi-Jusuf Kalla.

Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan mayoritas masyarakat Indonesia tidak pernah mendengar program Nawacita yang digagas oleh Jokowi-JK dalam pemerintahan Kabinet Kerja. 

"Berkenaan dengan program Nawacita Joko Widodo hanya sekitar 37,6% yang pernah mendengar atau mengetahui program tersebut, sedangkan yang tidak pernah mendengar dan tidak mengetahui yaitu sebesar 58,2%," jelas Qodari di Century Park Hotel, Jakarta, Selasa (22/5).

 

Dari sembilan program Nawacita Jokowi, Indo Barometer memberikan urutan berdasarkan apresiasi tertinggi. Penilaian tertinggi oleh masyarakat adalah program Nawacita ke-3 terkait 'Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan pedesaaan' yang mendapatkan kepuasan 60,4%.