Indonesia tidak akan meninggalkan Palestina

Indonesia sejak awal, menentang penjajahan Israel terhadap Palestina

Umat Islam mengibarkan bendera Palestina saat mengikuti aksi 115 di kawasan Monas, Jakarta./AntaraFoto

Panas menyengat, tak membatasi langkah masa konsisten tetap berkumpul di Tugu Monas, Jumat (11/5). Ratusan bendera Palestina, nampak berkibar sekitar monas dalam aksi bertema Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis.

Sejumlah masa sebelumnya telah berkumpul di Istiqlal untuk melakukan salat subuh berjamaah. Sejumlah tokoh turut hadir dalam aksi tersebut. Diantaranya Hidayat Nurwahid, Bachtiar Nasir, Anis Matta dan Anies Rasyid Baswedan. 

Pada aksi tersebut, ratusan ribu orang yang hadir mendesak pemerintah Indonesia untuk melawan kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang akan memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerussalem pada 14 Mei mendatang. Sekaligus meminta, agar pemerintah bisa menekan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk bersama- sama melawan keputusan Donald Trump karen Trump telah menentang 9 resolusi Dewan Keamanan PBB.

Aksi tersebut ternyata menarik perhatian, artis Peggy Melati Sukma. Peggy bahkan sempat berosi dan mengatakan membela Palestina merupakan sebuah kewajiban, terjadap sesama umat Islam. Palestina tidak semata persoalan kejahatan kemanusiaan akan tetapi sebagai salah satu jantung kaum muslimin dan hal tersebut ada dalam kitab suci umat Islam. 

"Saya sampaikan salam dari saudara-saudara kita di sana. Saudara di sana juga berjuang dengan ketapel dan batu,'' kata artis sinetron Gerhana tersebut dengan lantang yang baru saja ke Palestina untuk kegiatan sosial.