Percepat pembangunan Papua, Jokowi bakal keluarkan Inpres baru

Inpres baru akan dimunculkan desk-desk khusus Papua dalam setiap pos kementerian.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Antara Foto

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD,  mengatakan rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) baru dalam rangka mengebut pembangunan di wilayah Papua dan Papua Barat.

Inpres tersebut, kata dia, merupakan pembaruan dari Inpres Nomor 9 tahun 2017 Tentang Percepatan Pembangunan di Wilayah Papua dan Papua Barat.

"Karena Inpres itu sudah akan berakhir. Nanti akan kita perpanjang, lalu ditempelkan program dan desk-desk baru yang menyatu," kata Mahfud usai memberikan sambutan di Hotel J. W. Marriott, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).

Mahfud menerangkan, dalam Inpres pengganti itu kemungkinan akan dimunculkan desk-desk khusus Papua dalam setiap pos kementerian. Hal ini dilakukan agar setiap Kementerian memiliki semangat sama dalam membangun Bumi Cenderawasih.

Menurut Mahfud, desk Papua di setiap kementerian merupakan bentuk kerja sama holistik yang dibutuhkan dalam rangka rencana pembangunan wilayah Papua dan Papua Barat. Nantinya, setiap kementerian dituntut untuk memiliki satu program yang menitikberatkan soal pembangunan di Papua dan Papua Barat.