Jakarta provinsi kedua dengan kekerasan seksual tertinggi

Terdapat 2.318 laporan kekerasan seksual di Jakarta dari awal 2018 sampai Maret 2019.

Aktivis perempuan membawa poster pada aksi unjuk rasa memperingi hari perempuan sedunia 2019 di Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/3)./ Antara Foto

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan tingkat kekerasan seksual tinggi di Indonesia. Jakarta menempati peringkat kedua, di bawah Jawa Tengah yang berada di posisi pertama.

Komisioner Komnas Perempuan Magdalena Sitorus mengatakan, Komnas Perempuan telah menerima 319 laporan kekerasan seksual di Jakarta selama tahun 2019. Angka tersebut merupakan bagian dari total 2.318 laporan kekerasan seksual di Jakarta, yang masuk dari awal 2018 sampai Maret 2019.

Secara total, ada 13.568 laporan kekerasan seksual yang diterima Komnas Perempuan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kekerasan seksual paling tinggi, berada pada ranah privat atau personal. Bentuknya berupa hubungan sedarah, perkosaan, dan pencabulan.

Magdalena mengatakan, pencabulan di ruang publik juga sering terjadi di Jakarta. Menurutnya, ini disebabkan kurangnya keberpihakan aparat penegak hukum, sehingga masyarakat menganggap remeh kasus tersebut.

Dia mengatakan, hal seperti ini tidak boleh dibiarkan terus terjadi. Aparat penegak hukum justru harus dapat membuat masyarakat lebih sadar dan peka terhadap persoalan menyangkut tubuh seseorang.