Jaksa Agung tekankan 8 fokus kebijakan

Jaksa Agung tekankan 8 fokus kebijakan di Musrenbang 2022.

Suasana pembukaan Musrenbang Kejaksaan di Solo, Jawa Tengah, Senin (13/5). Dok Kejaksaan.

Kejaksaan Agung (Kejagung) mencanangkan fokus kebijakan Korps Adhyaksa selama 2022. Wacana kebijakan itu disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2022 mengangkat tema Peranan Kejaksaan Dalam Mendukung Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan.

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin mengatakan, ada delapan fokus kebijakan yang dicanangkan selama tahun ini. Kebijakan itu bersifat internal dan external lingkungan kejaksaan.

"Tema ini selaras dengan tema Rapat Kerja Pemerintah Tahun 2023 yaitu Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan, dengan fokus arah kebijakan," kata Burhanuddin dalam keterangan, Senin (23/5).

Burhanuddin menyampaikan, fokus pertama ialah percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan, lalu penanggulangan pengangguran disertai peningkatan decent job, dan mendorong pemulihan dunia usaha. Tidak hanya itu, ada juga revitasisasi industri dan penguatan riset terapan, pembangunan rendah karbon dan transisi energi hal ini dianggap sebagai respon terhadap perubahan iklim.

"(Ketujuh) percepatan pembangunan infrastruktur dasar antara lain air bersih dan sanitasi serta (terakhir) pembangunan Ibu Kota Nusantara," ujar Burhanuddin.