Jalan di sekitar Monas dan Istana Negara ditutup

Penutupan dilakukan dengan menggunakan water barrier akan berlangsung secara situasional sampai situasi memungkinkan.

Aktivis dari berbagai organisasi lingkungan berjalan menuju Taman Aspirasi Monas saat aksi unjuk rasa terkait krisis iklim di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Antara Foto

Lalu lintas di sekitar Monumen Nasional atau Monas khususnya Jalan Merdeka Utara depan Istana Negara hingga Jalan Merdeka Barat ditutup. Penutupan jalan dilakukan sebagai upaya antisipasi adanyan aksi unjuk rasa mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat.

“Penutupan jalan dilakukan terkait adanya rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan sekelompok massa,” kata Kawi saat ditemui di depan Istana Jakarta, Senin (14/10).

Penutupan arus lalu lintas diberlakukan di sejumlah jalan seperti di Jalan Merdeka Utara dari arah Pertamina menuju Istana Kepresidenan Jakarta. Kemudian dari Harmoni arah Jalan Majapahit. Selanjutnya Jalan Merdeka Utara menuju Jalan Merdeka Barat arah Patung Kuda.

"Jalan Veteran satu, dua dan tiga juga ditutup," kata Kawi.

Penutupan dilakukan dengan menggunakan water barrier akan berlangsung secara situasional sampai situasi memungkinkan atau dianggap aman. Karena ada penutupan sejumlah ruas jalan seputar Istana dan Monas, Kawi menyarankan agar masyarakat melewati ruas jalan yang dialihkan seperti ke arah Istiqlal, dari Merdeka ke Veteran lurus ke Harmoni.