Kenali gejala depresi dan cara mengatasinya

“Gangguan psikologis tidak mengenal batasan usia atau profesi."

Gangguan psikologis dapat dialami oleh siapa saja./ Ilustrasi: Pixabay

Gangguan psikologis dapat dialami oleh siapa pun. Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, masing-masing pribadi memiliki kadar kerentanan berbeda-beda terhadap risiko gangguan mental.

“Gangguan psikologis ini tidak mengenal batasan usia atau profesi. Ada rangsangan tertentu yang punya dampak psikologis berbeda pada setiap orang,” kata Ayoe, dihubungi Selasa lalu (15/10).

Walaupun begitu, salah satu stimulus utama yang dapat mengganggu kesehatan psikologis orang ialah penilaian atau komentar negatif dari pihak lain. Ayoe menambahkan, ada latar belakang atau kondisi psikologis dalam setiap individu yang menentukan seberapa besar dampak sebuah ujaran kebencian dapat menyakiti perasaan seseorang.

“Seperti stres, dampak terhadap beban psikologisnya akan lebih besar. Dalam waktu lama itu akan meningkat menjadi depresi,” kata Ayoe, pada Jumat (18/10).

Terdapat sejumlah ciri orang dengan depresi atau kecenderungan melukai diri. Psikolog klinis Tara de Thouars, menguraikan, gejala ini terlihat muncul dari tuturan lisan hingga berupa perubahan tindakan.