Johnny G Plate, menteri baru dengan kekayaan ratusan miliar

Johnny G Plate memiliki latar belakang profesional dengan menjadi petinggi di sejumlah perusahaan.

Politikus Partai Nasdem Johnny G. Plate tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Johnny Gerard Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di Kabinet Indonesia Maju.

Johnny meneruskan estafet kepemimpinan di Kemkominfo dari Rudiantara, menteri periode 2014-2019. Pria kelahiran Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, memilih menerima pinangan Jokowi, meski ia juga terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari dapil Nusa Tenggara Timur I.

Berdasarkan laman resmi DPR RI, Johnny yang melangkahkan kaki ke parlemen pada 2014 lalu, memiliki latar belakang pengusaha. Dia pernah menjadi Direktur Utama di PT Airasia Mitra Investama pada 2012, CEO Group PT Bima Palma Nugraha pada 2008, Direktur Utama PT Gajendra Adhi Sakti pada 2008, serta Komisaris PT Mandosawo Putratama S pada 2007.

Selain itu, Johnny juga pernah menjabat sebagai komisaris di PT Indonesia Airasia, PT TJB Power Services, dan Komisaris Utama di PT Aryan Indonesia pada 2005.

Karier politik Johnny dimulai dengan bergabung di Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI). Pada 2014, dia memilih Partai NasDem untuk maju ke Senayan dari dapil NTT I.