Jokowi groundbreaking pabrik baterai kendaraan listrik

Presiden menyampaikan, era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir.

Presiden Jokowi saat meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (24/8/2021)/tangkapan layar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, di Karawang, Jawa Barat, dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar atau sekitar Rp15,6 triliun.

“Pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri,” ujar Jokowi secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, (15/9/2021).

Presiden menyampaikan, era kejayaan untuk komoditas bahan mentah saat ini sudah berakhir dan harus berubah menjadi struktur ekonomi yang berbasis komoditas untuk dapat masuk ke hilirisasi industri yang berbasis pada pengembangan inovasi teknologi.

“Karena itu strategi bisnis besar negara adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah. Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi,” ucap Jokowi.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, hilirisasi industri ini akan meningkatkan nilai tambah bijih nikel secara signifikan dan jika diulang nilai tukarnya bisa meningkat hingga 6 sampai 7 kali lipat dan jika menjadi mobil listrik akan meningkat lebih besar lagi sebesar 11 kali lipat.