Tembus 75,5%, Jokowi pecahkan rekor approval rating 8 tahun berkuasa

Burhanuddin berpendapat, tingginya kepuasan publik tidak lepas dari kerja-kerja tim ekonomi, salah satunya dalam mengendalikan inflasi.

Presiden Jokowi memecahkan rekor approval rating selama 8 tahun berkuasa karena angkanya pada April 2023 mencapai 75,5%. Foto BPMI Setpres/Muchlis Jr

Kepuasan publik (approval rating) terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2023 mencapai rekor, yakni 75,5%. Merujuk hasil survei Indikator Politik Indonesia, angka itu merupakan capaian tertinggi sejak 2014 silam.

“Kalau kami lihat dalam 8 tahun terakhir, survei kali ini paling tinggi,” ungkap Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparannya secara daring, Rabu (19/4). Ini memecahkan rekor approval rating tertinggi sebesar 75,3% pada Januari 2022.

Menurutnya, baiknya capaian tersebut tidak lepas dari kerja-kerja tim ekonomi pemerintah. Salah satunya adalah Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, lantaran dinilai sukses mengendalikan inflasi jelang Lebaran.

“Jika dilihat dari data survei, yang banyak dikeluhkan masyarakat biasanya adalah harga bahan pokok. Kalau harga bahan pokok stabil, secara teknokratis menjadi peran Menteri Perdagangan,” ucapnya. “Kredit poinnya tetap ke Presiden.”

Pada kesempatan sama, Pemimpin Redaksi BTV, Primus Dorimulu, berpendapat, tingginya kepuasan publik ini tidak lepas dari kepiawaian Jokowi dalam menjaga stabilitas politik. Padahal, Kepala Negara bukanlah pimpinan partai politik (parpol).