Jokowi sebut Indonesia mampu hadapi krisis global

Capaian tersebut dari penanganan pandemi Covid-19 hingga kestabilan ekonomi di tengah perekonomian global yang sedang bergejolak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD 2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (16/8/2022). YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, dunia sedang menghadapi krisis multidimensi, seperti bidang kesehatan dan perekonomian akibat pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina. Akibatnya, ratusan juta jiwa terancam kemiskinan dan kekurangan pangan akut.

Meskipun demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengklaim, Indonesia mampu bertahan di tengah krisis global. Demikian disampaikannya saat berpidato di dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (16/8).

"Krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. [Sebanyak] 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," tuturnya.

Jokowi menambahkan, beberapa keberhasilan yang dicapai membuat Indonesia mampu bertahan di tengah krisis global. Capaian tersebut, misalnya, penanganan pandemi hingga kestabilan ekonomi di tengah perekonomian global yang sedang bergejolak.

"Di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19," ujarnya.