Tutup rangkaian G20, Jokowi: Indonesia telah mengupayakan solusi terbaik

G20 Bali Leaders’ Declaration disahkan sebagai deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022.

Jokowi tutup rangkaian KTT G20 di Bali, Rabu (16/11). Dok Setpres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup rangkaian Presidensi G20 Indonesia. Hal ini ditandai dengan berakhirnya sesi terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada hari kedua, Rabu (16/11), di Hotel The Apurva Kempinski, Bali.

Dalam pidato penutupnya, Jokowi menegaskan Indonesia terus mengupayakan solusi terbaik bagi dunia selama memegang mandat presidensi G20. Hal itu dilakukan guna mendukung pemulihan global untuk bangkit bersama dan lebih kuat.

“Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan. Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders’ Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pemimpin dan delegasi yang hadir. Tidak hanya atas kehadiran mereka, namun juga atas fleksibilitas yang diberikan sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan, pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia,” ujarnya.