Kampanye serentak cegah dan lapor tindak pelecehan seksual di kereta api

KAI meminta pelanggan agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual.

Masyarakat diajak untuk menandatangani petisi antipelecehan seksual di transportasi publik khususnya di stasiun dan kereta api. Foto: PT KAI Daop 1 Jakarta.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) wilayah Daop1 Jakarta bersama Komnas Perempuan melakukan kegiatan kampanye untuk mencegah tindak pelecehan seksual. Kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di sejumlah stasiun di seluruh wilayah kerja KAI pada Rabu (29/6). 

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, stasiun tersebut antara lain di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Cikarang dan Karawang. Diharapkan kegiatan ini juga akan menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindak pelecehan seksual di transportasi umum khususnya kereta api.

"Kampanye serentak ini mengajak masyarakat untuk berani mencegah jika melihat tindakan pelecehan seksual serta berani melaporkan jika mengalami pelecehan seksual di transportasi umum," kata Eva dalam keterangan, Rabu (29/6).

Kampanye tersebut juga mengajak masyarakat agar saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan saat menggunakan layanan jasa KAI. Sehingga, dapat terwujud transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan memberikan himbauan melalui pengeras suara serta sejumlah media cetak seperti spanduk, poster, pamflet, dan stiker. Masyarakat di stasiun juga diajak untuk menandatangani petisi antipelecehan seksual di transportasi publik khususnya di stasiun dan kereta api.